17 Manfaat memelihara kucing bagi kesehatan



Kucing..siapa tidak kenal binatang ini boleh di bilang kucing binatang peliharaan yang ga perlu keluar uang untuk mengadopsinya karena banyak kucing tak bertuan disekitar rumah kita, tinggal kasih makan maka sah lah kita menjadi pemilik kucing tersebut karena si kucing pasti akan rutin berkunjung kerumah kita dan bisa menjadi peliharaan kita karena pasti akan menjadi penurut ama kita.

Saat ini, kucing adalah salah satu hewan peliharaan terpopuler di dunia Kucing Kucing telah berbaur dengan kehidupan manusia paling tidak sejak 6.000 tahun SM, dari kerangka kucing di Pulau Siprus.  Orang Mesir Kuno dari 3.500 SM telah menggunakan kucing untuk menjauhkan tikus atau hewan pengerat lain dari lumbung yang menyimpan hasil panen.

Ketika Kucing sedang dibelai dapat membuat kucing mengeluarkan suara dengkurannya yang khas. Kucing mendengkur ketika dia akan senang dan bahagia. Kucing merupakan satu-satunya hewan yang dapat mengeluarkan suara dengkuran. Dengkuran biasanya merupakan tanda kepuasan hati pada kucing, namun ada beberapa penyebab lain jika kucing mendengkur. Penyebab lain kucing mendengkur ketika dia akan mati dan sakit, agar dapat membuatnya menjadi nyaman dan mengurangi stress. Selain itu, kucing akan mendengkur ketika akan melahirkan dan anaknya akan mendengkur ketika sedang menyusui.

Dalam artikel ini penulis akan beberkan 17 Manfaat memelihara kucing bagi kesehatan yang penulis sarikan dari berbagai sumber : 

1. Mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Jadi kalau manusia memelihara kucing akan lebih kecil kemungkinannya menderita atau meninggal karena penyakit jantung. Sebuah penelitian dari “University of Minnesota” menemukan bahwa sekitar 30%-40% manusia yang tidak memiliki kucing akan lebih ada kecenderungan meninggal karena penyakit jantung daripada yang memiliki kucing, jadi manusia yang memelihara kucing kecil kemungkinannya meninggal mendadak karena serangan jantung.

2. Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh memiliki kucing dapat meningkatkan system kekebalan tubuh manusia. Perasaan atau keterikatan bantin yang manusia rasakan saat nyaman dengan kucing peliharaannya dapat membantu meningkatkan system kekebalan tubuh manusia kami. Kucing tau loh saat pemiliknya sedang sakit, dan akan datang menghampiri pemiliknya untuk memberikan rasa nyaman, membantu memberikan rasa lebih baik dan hal itu yang menyebabkan ada peningkatan system imun pada diri manusia.

3. Menurunkan resiko alergi pada anak. Untuk orang tua yang memiliki bayi biasanya malah menjauhkan kucing dari bayinya. Ternyata itu salah besar looh.. karena ternyata kucing dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap alergi pada bayi dan anak anak. Ada beberapa penelitian yang mengatakan bahwa bayi yang tinggal dengan binatang khususnya kucing dan anjing “yang lebih mungkin memicu alergi” akan menyebabkan meningkatkan system kekebalan tubuh si bayi dari alergi sejak dini.

4. Membantu mencegah asma pada anak. Jadi selain mencegah alergi berkembang, kucing juga bisa mencegah asma, ngga asal cuap cuap loh karena sudah ada penelitiannya juga. Jika manusia sejak kecil  sudah berinteraksi dengan kucing sejak dini, itu bisa membantu menjauhkan mereka dari sejumlah penyakit gangguan saluran pernafasan.

5. Menurunkan tekanan darah. Manusia dapat mengurangi tekanan darahnya dengan berdekatan dengan kucing. Hanya dengan membelai belai bulu badan kucing maka manusia akan tenang dan tekanan darahnya turun. Menurut “State University of New York” manusia yang memiliki hewan peliharaan tekanan darahnya akan cenderung lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak memiliki hewan peliharaan.

6. Menurunkan trigliserida. Manusia dapat menurunkan trigliserida dengan berolah raga dan memakan lebih sedikit karbohidrat, tetapi ternyata itu bukan satu satunya hal yang dapat dilakukan untuk menurunkan trigliserida. Beberapa study membuktikan bahwa dengan memelihara kucing dapat menurunkan trigliserida dan meningkatkan system kesehatan tubuh. Disamping itu tentunya olahraga dan juga makan makanan sehat juga harus tetap dilaksanakan. (Triglycerides adalah bentuk yang paling umum dari lemak yang kita makan).

7. Menurunkan kolesterol dalam darah apakah anda sekalian ada yang punya masalah sama kolesterol dan mencoba menurunkannya ? Jika iya, cobalah memelihara kucing, dan sampaikan juga kepada kerabat terdekat kalian yang punya masalah yang sama. Sebuah study tahun 2006 di Kanada menunjukan bahwa memiliki kucing sebenarnya lebih EFEKTIF dalam menurunkan kadar kolesterol daripada obat obatan yang dirancang untuk tujuanyang sama. (mulailah ADOPSI kucing, simpan uang kalian semua yang tadinya diperuntukan beli obat obatan.. hehehe).

8. Mengurangi resiko Stroke. Kemungkinan terkena penyakit stroke merupakan suatu hal yang menakutkan. Jika anda takut terkena penyakit ini coba deh mengadopsi kucing karena terbukti kucing bisa mengurangi resiko terkena stroke. Sebuah penelitian di “University of Minesota” menemukan bahwa manusia yang memiliki kucing dapat mengurangi resiko terkena stroke sampai dengan 1/3. (Berterima kasihlah kepada kucing duhai manusi sayang, karena begitulah cara kucing membalas kasih sayang kalian.. red).

9. Mengurangi Stress. Memiliki seekor kucing dapat membuang stress jauh dari kehidupan manusia. Setiap manusia yang mememelihara kucing akan memperoleh banyak manfaat psikologis, dan memperoleh cara terbaik untuk menghilangkan stress. Dengan merawat kucing, sekedar bermain dengan kucing, membiarkan kucing meringkuk di kakimu dapat membuat kalian merasa lebih baik dan melupakan stress yang sedang kalian alami (Kucing adalah obat paling alami tanpa efek samping.. red).

10. Mengurangi kecemasan kucing tidak hanya mengurangi tingkat stress kalian tetapi juga mengurangi kecemasan yang berlebihan. Membelai dan bermain dengan kucing menghadirkan suasana santai, senang dan tenang. (Nikmati cinta tanpa syarat dari kucing, bye bye stress.. bye bye cemas.. red).
11. Meningkatkan Mood. Dalam banyak kasus, berinteraksi dengan hewan peliharaan dapat membantu memperbaiki mood, ini juga berlaku untuk kalian yang memelihara kucing loooh.. Yup, kucing membantu para manusia menjadi merasa lebih baik, meningkatkan suasana hati. Jadi jika sedang mencoba memperbaiki suasana hati carilah kucing

12. Meringankan Depresi memiliki kucing juga dapat meringankan depresi. Meskipun kucing tidak bisa menyembuhkan depresi looh ya, tetapi kucing merupakan pengalihan perhatian terbaik yang pernah ada sehingga dapat mengurangi depresi. kestiaan yang kucing berikan kepada kalian bisa menentramkan hati dan pikiran. Jadi kalau bapak dan ibu depresi, kucing siap bertempur bersama kalian dalam memerangi si depresi (btw, depresi itu apa yah ?.. red)

13. Meringankan Autisme. Austisme ditandai oleh kesulitan dalam berinteraksi social dan berkomunikasi. Manusia yang autis memiliki kesulitan cara berkomunikasi dengan cara yang sama dengan manusia lain lakukan. Memiliki kucing benar benar dapat membantu dalam kasus ini, Ada looh sukses storynya dimana kucing berperan besar dalam meringankan autism dan membantu penderitanya bisa berkomunikasi. Dan juga kucing memang digunakan beberapa manusia untuk meringankan kondisi ini.

14. Mengurangi Kesepian. (buat jomblower.. red) banyak manusia kesepian yang menemukan bantuan dengan memiliki kucing, bersahabat dengan kucing membuat manusia menemukan arti hidup dan tidak kehilangan kemampuan untuk berkomunikasi. Jadi buat cowok dan cewek yang kerjaannya “galau” terus.. tidak ada salahnya mulai mengadopsi kaum kucing (Tapi nanti kalau sudah tidak galau kami jangan dibuang yah, jangan jadi kacang lupa kulit gitu ah.. red). Selain itu rasa kesepian dapat membuat orang gelap mata, berpola piker negative dana hal hal mengerikan lainnya, jadi ADOPSI lah ADOPSI lah *Jeritjerit pakai toa.

15. Berkurangnya kunjungan ke Dokter. Manusia yang memiliki kucing melakukan kunjungan ke dokter lebih sedikit dibanding yang tidak memiliki kucing atau hewan peliharaan lainnya. Studi juga menunjukan bahwa rumah panti jompo yang memungkinkan kucing sebagai bagian dari terapi pengobatan, akan dapat menekan biaya yang dikeluarkan mereka untuk obat obatan, dibandingkan dengan rumah panti jompo yang tidak menggunakan kucing sebagai media terapi. (Uwaaaaww, go cats.. red)

16. Hidup Lebih Lama kucing memberikan sejumlah manfaat yang membuat manusia pemiliknya hidup lebih lama, meliputi bentuk interaksi social, dan manfaat manfaat yang sudah aku jelaskan diatas. Jadi intinya adalah… kalau mau hidup lebih lama, ayo donk ADOPSI dan miliki cinta tanpa syarat yang kucing berikan.


17. Seekor kucing di rumah juga dapat mendorong anak untuk aktif secara fisik saat anak bermain kejar-kejaran dengan kucing di sekitar rumah. Anda mungkin ingin mempertimbangkan memelihara seekor kucing. Perhatikan, Anda akan terkejut betapa hebatnya kucing bagi anak-anak.

Tapi sering kita jumpai disekitar kita manusia yang ga punya hati membuang anak kucing dengan tanpa perasaan yang akhirnya membuat kucing mati kelaparan, apa salahnya sich klo membuang anak kucing dengan induknya yang notabene dapat merawat anak-anaknya dari pada mati kelaparan atau membuang kucing setelah dewasa yang tentunya sudah dapat mencari makan sendiri.

Dari tulisan diatas semoga dapat memberi wawasan dan pengetahuan baru bagi kita jangan pernah berlaku aniaya kepada kucing jika kita tahu segudang manfaat dari hewan peliharaan kucing tentunya kucing yang sehat lho ya.

(berbagai sumber)

SPN

0 Response to "17 Manfaat memelihara kucing bagi kesehatan "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel