Apakah Ilmu Paling Berharga di Dunia Ini ? Ternyata Tidak, Hal Ini Yang Lebih Berharga Dari Ilmu ...

Pelajarilah adab sebelum mempelajari suatu ilmu.Orang yang tinggi akhlaknya walaupun rendah ilmunya lebih mulia daripada orang yang tinggi ilmunya tapi kurang akhlaknya.

Budi pekerti yang baik(akhlak yang baik) bisa terbentuk dari tiga faktor, yaitu:

1. Watak 

Watak manusia asal mulanya terbentuk dari bawaan sejak lahir atau turunan kedua orang tuanya. Dalam hal ini, orang tua sangat berperan dalam pembentukan karakter seorang anak. Pepatah mengatakan,”buah jatuh tidak jauh dari pohonnya.” Maksudnya, watak seorang anak tidak akan berbeda jauh dari orang tuanya.

2. Kebiasaan

Ketika seseorang melakukan kebiasaan yang baik, maka orang tersebut akan mempunyai akhlak yang baik juga. Sebaliknya, jika melakukan kebiasaan yang tidak baik, akhlak orang tersebut juga tidak baik. Sebuah istilah mengatakan:

“Kebiasaan yang dilakukan terus menerus akan menjadi sebuah watak (karakter).”

3. Pembelajaran 

Akhlak seseorang dapat terbentuk dengan siapa dia berteman dan berinteraksi. Apabila ia berinteraksi dengan orang yang baik, ia akan menjadi baik. Begitu juga sebaliknya, karena ia akan mendapat pembelajaran dari orang-orang yang ada di sekelilingnya, yang pada akhirnya akan berpengaruh pada karakeristik orang tersebut.

0 Response to "Apakah Ilmu Paling Berharga di Dunia Ini ? Ternyata Tidak, Hal Ini Yang Lebih Berharga Dari Ilmu ..."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel