Pisang Barlin Tahan Dengan Hama




Hai sahabat petani, pisang merupakan buah yg mudah dibudidayakan. Anda hanya perlu memindahkan tunas belia berdasarkan pisang, kemudian menanamnya, merawatnya dengan membersihkan rumput disekitarnya, & sehabis itu tinggal menunggu hasilnya. Tanpa perlu disemprot pestisida, pisang bisa berbuah menggunakan baik.

Tetapi, ternyata tidak seluruh jenis pisang yang mampu berbuah, selalu aman dari hama atau penyakit. Dan sebagian jenis pisang akan terjangkit hama, hingga pohon-pohonya mati ataupun buahnya sebagai rusak. Jika telah terjangkit penyakit yg saya sebut porongen, maka anak-anak pisang yang baru tumbuh pun pula akan terjangkit hama ini.

Pisang porongen sumber gamber : kembangpete.Com Nah, dari banyaknya jenis pisang yg mudah terjangkit hama, terdapat satu jenis pisang yg hampir bisa dibilang jarang sekali berpenyakit. Pisang tadi adalah pisang barlin namanya. Pohonnya kecil-mini  , begitu pun dengan buahnya yang juga kecil-kecil. Ketika mentahnya berwarna hijau muda, & saat matang buahnya menjadi kuning.

Perlu Anda ketahui bahwa saya belum pernah menerima penyakit dalam pisang barlin ini. Baik penyakit yg menyerang pohon, atau yg menghambat buahnya (kecuali dampak kelalawar dan tikus). Oleh karena itulah saya berani menciptakan artikel ini, yg mengatakan bahwa pisang barlin, merupakan pisang yg jarang terjangkit penyakit.

Bagusnya lagi, pisang ini mudah sekali tumbuh & beradaptasi dengan berbagai loka. Di tanah lembab ataupun tanah yang sedikit berkerikil, pisang barlin mampu tumbuh menggunakan baik. Mungkin, di tempat kurang fertile akan berpengaruh terhadap buahnya. Namun itu tidak poly perbedaanya.

Bagi Anda yang suka  membudidayakan pisang, cobalah menanam pisang barlin di ladang Anda. Itu agar Anda konfiden atas apa yg aku  katakan bahwa pisang barlin ini jarang terjangkit hama.

Tetapi pisang barlin pula mempunyai kekurangan. Pertama adalah buahnya yang kecil-kecil, sebagai akibatnya harga jualnya pun murah. Kedua, pisang mini   ini hanya buat dimakan begitu saja tanpa dilakukan pengolahan. Sebab, pisang ini memiliki tekstur yang gampang lembek sehingga nir terlalu enak apabila digoreng, direbus, dibuat kolak atau dijadikan makanan lainnya.

Meskipun demikian, Anda mesti jangan lupa bahwa kelebihannya bakal menguntungkan bagi Anda. Dengan jarangnya terkena hama, dan cepatnya beranak pinak maka penghasilan barlin pun akan semakin besar  Anda dapatkan.

Jadi bagaimana? Sudah siap menanam pisang barlin? Saya harap Anda segera melakukannya supaya Anda cepat mendapatkan hasilnya.

Demikian tulisan saya mengenai pisang barlin, semoga bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa baca juga " mengenal pisang monyet atau pisang hutan ". Terima kasih...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pisang Barlin Tahan Dengan Hama"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel