RPP KELAS 7 BAHASA INDONESIA TEMA CERITA PENDEK
( RPP )
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Topik : cerita pendek
Kelas/ Semester : V11 / 2
Jumlah Pertemuan : 9 Jam (3x pertemuan)
A. KOMPETENSI INTI
1. Menghargai dan menghayati ajaran Agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati peri laku jujur, disiplin, tanggung jawab, Peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan Rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan teknologi,seni budaya terkait Fenomena dan kejadian tanpak mata.
4. Mencoba, mengolah, mengkaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggu-nakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak disekolah dan yang lain yang sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar
1.1 Menghargai dan mensyuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.1 Menghai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
3.1 Memahami teks cerpen baik lisan maupun tulisan.
4.1 menangkap makna cerita pendek.
C. Indikator pencapaian kompetensi
2.1 Memiliki perilaku percaya diri, peduli, dan santun dalam merespon secara pribadi peristiwa dalam jangka pendek.
Indikator KD 3.1 peserta didik dapat
1. Memahami struktur teks cerpen
2. Memahami fitur bahasa
Indikator KD 4.1 peserta didik dapat :
1. Menentukan kata - kata sulit
2. Mengartikan kata - kata sulit
3. Menemukan makna isi teks
4. Menemukan maksud teks
D. Materi pokok
Pertemuan pertama
Struktur /bentuk teks cerpen :
1. Orientasi
2. Komplikasi
3. Resolusi
Fitur/ciri - ciri bahasa ;
1. konjungsi
2. kata sifat
3. kata keterangan
4. kata ganti
E. Langkah – langkah kegiatan pembelajaran KD memahami teks cerpen
Pertemuan 1 (memahami stuktur)
Pendahulan (10 menit)
1. Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi Siswa dan kelas
2. peserta didik merespon pertanyaan dari guru tentang keterkaitan pengetahuan Sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
3. Untuk memberikan motivasi peserta didik dalam pembelajaran teks cerita cerpen Guru menampilkan satu teks cerita pendek atau bertanya tentangkebiasaan membaca cerita
4. peserta didik disiapkan untuk mengikuti pelajaran tentang teks cerpen dengan menanyakan teks cerpen yang pernah mereka baca
5. peserta didik menerima informasi tentang mamfaat dan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti (60 menit)
Mengamati
1. Guru membagikan teks cerita pendek kepada peserta didik
2. Peserta didik mengamati gambar atau teks cerpen
3. Peserta didik membaca teks cerpen (sebagai pemodelan ) dengan cermat untukmelihat bentuk/struktur teks cerpen (orientasi, komplikasi, dan resolusi )
Menanya
4. Peserta didik menanya tentang fungsi teks cerpen
5. Peserta didik menanya tentang bentuk atau srtuktur/ bentuk teks cerpen(orientasi, komplikasi, dan resolusi)
Mengumpulkan data
6. Peserta didik berdiskusi tentang fungsi teks cerpen
7. Peserta didik berdiskusi tentang struktur/ bentuk teks cerpen
8. Peserta didik berdiskusi tentang pengertian dari sruktur orientsi, komplikasi, resolusi
9. Peserta didik berdiskusi tentang isi teks cerpen
Menalar/mengasosiasi
1. Peserta didik menyimpulkan teks cerpen berdasarka struktur teks
2. Peserta didik membaca teks dari berbagai sumber dan mengidentifikasi bentuk/struktur teks cerpen
3. Peserta didik menalar bentuk/struktur teks cerpen (orientasi, komplikasi, resolusi)
4. Peserta didik menalar mengenai isi teks (unsur intrinsik)
Mengomunikasikan
1. Peserta didik menyampaikan hasil pemahaman mengenai bentuk/struktur teks cerpen
2. Peserta didik menyampaikan hasil pemahaman mengenai isi teks (unsur intrinsik)
Penutup ( 10 menit )
1. Dalam bibingan guru peserta didik menyimpulkan materi pelajaran tentang struktuk/
Fitur bahasa cerpen
2. Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan guru
3. Peserta didik mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru mengenai srtuktur/bentuk teks cerpen da nisi teks
4. Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran
Pertemuan 2 (memahami ciri-ciri bahasa cerpen)
Pendahulan (10 menit)
1. Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi Siswa dan kelas
2. Peserta didik merespon pertanyaan dari guru tentang keterkaitan pengetahuan Sebelumnya yaitu memahami struktur teks ceks cerpen dengan materi yang akan dipelajari.
3. Untuk memberikan motivasi peserta didik dalam pembelajaran teks cerita cerpen guru menampilkan satu teks cerita pendek atau bertanya tentang kebiasaan membaca cerita
4. Peserta didik disiapkan untuk mengikuti pelajaran tentang memhami fitur/ciri-ciri bahasa cerpen
5. Peserta didik menerima informasi tentang mamfaat dan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti(60 menit)
Mengamati
1. Guru membagikan teks cerita pendek kepada peserta didik
2. Peserta didik membaca teks cerita pendek dengan cermat untuk melihat fitur/ciri-ciri bahasa teks cerpen(kata sifat,kata ganti,konjungsi,kata keterangan)
3. Peserta didik membaca teks untuk memahami fitur/ ciri-ciri bahasa yang terdapat daam teks cerpen
Menanya
4. Menanya tentang fungsi fitur/ciri-ciri bahasa teks cerpen
5. Peserta didik menanya tentang fitur/ciri-ciri bahasa teks cerpen(kata sifat, kata ganti, kata keterangan dan konjungsi)
6. Peserta didik bertanya tentang fitue/ciri-ciri bahasa dalam teks cerpen yang sudah dibagikan guru
Mengumpulkan data
7. Peserta didik berdiskusi tentang fitur/ciri-ciri bahasa teks cerpen (konjungsi, kata kerja, kata sifat,dan kata ganti)
Menalar/mengasosiasi
8. Peserta didik menyimpulkan teks cerpen berdasarka fitur/ciri-ciri bahasa teks cerpen
9. Peserta didik membaca teks dari berbagai sumber dan mengidentifikasi fitur/ciri-ciri bahasa teks cerpen
10. Peserta didik menalar fitur/ciri-ciri bahasa teks cerpen ( kata ganti, kata sifat,kata keterangan,konjungsi )
Mengomunikasikan
11. Peserta didik menyampaikan hasil pemahaman mengenai fitur/ciri-ciri bahasa teks cerpen
Penutup ( 10 menit )
12. Dalam bibingan guru peserta didik menyimpulkan materi pelajaran tentang fitur/ciri-ciri bahasa teks cerpen
13. Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan guru
14. Peserta didik mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru mengenai fitur bahasa teks cerpen
15. Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran
Pertemuan 3 :KD menangkap makna
Pendahuluan (10 menit)
1. Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi siswa dan kelas
2. Peserta didik merespon pertanyaan dari guru tentang pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari yaitu struktur teks dan cirj - ciri bahasa dan menangkap makna sulit dalam teks cerpen
3. Peserta didik disiapkan untuk mengikuti pelajaran tentang menangkap makna cerpen dengan menanyakan teks cerita cerpen yang pernah mereka baca dan ketagui
4. Peserta didik menerima informasi tentang tujuan dan mamfaat pembelajan
Kegiatan Inti (60 menit)
Mengamati
1. Guru membangun konteks dengan membagikan teks cerita pendek kepada peserta didik
2. Peserta didik membaca teks cerita pendek dengan cermat untuk menemukan kata-kata sulit
3. Peserta didik mencari arti kata-kata sulit di dalam kamus Bahasa Indonesia
4. Paserta didik mengamati arti kata-kata sulit tersebut dengan menggunakan kaidah penggunaan bahasa (pilihan kata)
5. Paserta didik mengamati arti kata-kata sulit untuk menemukan makna isi teks
6. Peserta didik mengamati arti kata-kata sulit dan makna isi teks untuk menemukan maksud teks
Menanya
7. Peserta didik menanya fungsi menemukan dan mengartikan kata sulit
8. Peserta didik menanya fungsi menemukan isi teks
9. Peserta didik menanya tentang maksud teks
Mengumpulkan data
10. Peserta didik berdiskusi tentang kata-kata sulit dan arti kata-kata sulit
11. Peserta didik berdiskusi tentang cara menemukan isi teks
12. Peserta didik berdiskusi tentang cara menemukan maksud teks
Menalar/mengasosiasi
13. Peserta didik membaca teks cerpen yang telah ditentukan oleh guru dengan cermat
14. Peserta didik menemukan kata - kata yang sulit dalam teks cerpen
15. Peserta didik mencari arti kata - kata sulit yang terdapat pada teks cerpen dalam kamus bahasa Indonesia
16. Peserta didik menemukan makna isi teks cerpen berdasarkan struktur/ bentuk teks
17. Peserta didik menemukan maksud teks dalam cerpen berdasarkan struktur /bentuk teks
Mengomunikasikan
18. Peserta didik menyampaikan hasil pemahaman mengenai kata sulit, mengartikan kata
Sulit,menemukan isi teks,dan menemukan maksud teks
Penutup (10 menit)
1. Guru memberikan umpan balik kepada peserta didik dengan menanyakan hambatan-hambatan didalam proses pembelajaran
2. Guru memberikan penguatan mengenai tentang kata-kata sulit,mengartikan kata sulit, menemukan makna isi teks, dan menemukan maksud isi teks
F. Penilaian
1. Penilaian sikap
a. Tehnik : Pengamatan sikap
b. Bentuk : Lembar pengamatan
c. Instrumen
No Nama peserta Relijius /PBI Jaujur Skor Nilai Konv
Didik
1 2 3 4 1 2 3 4
1.
2.
3.
Rubrik
Rubrik | skor |
Sama sekali tida ada menunjukkan perilaku jujur dalam melakukan kegiatan | 1 |
Menunjukkan sudah ada usaha berperilaku jujur dalam melakukan kegiatan tetapi masih sedikit dan belum konsisten | 2 |
Menunjukkan ada usaha berperilaku jujur dalam melakukan yang cukup sering dan mulai konsisten | 3 |
Menunjukkan adanya usaha berperilaku jujur dalam melakukan kegiatan secara terus menerus dan konsisten | 4 |
Pedoman penilaian sikap
Skor = Jumlah perolehan angka seluruh aspek
Nilai = Skor yang diperoleh x 100
Skor maksimal
Konversi nilai =(nilai /100)x 4
Kategori nilai dapat dilihat pada table konversi
Nilai sikap(K,C.B,SB)
2. Penilaian pengetahuan
a. Tehnik : Tes uraian
b. Bentuk : Uraian
c. Insrtumen
1. Identifikasikanlah teks cerpen berikut ini bedasarkan srtuktur teks !
2. Identifikasikanah teks cerpen berikut berdasarkan fitur / ciri - ciri bahasa!
Lembar kerja
Nama : ……. kelas : …… Sekolah :….
Jenis teks Aspek skor nilai konv
Struktur fitur bahasa
Rubrik KD 3.1
Rubrik | skor |
Menuliskan struktur teks cerpen dengan kurang tepat Menuliskan struktur teks cerpen dengan cukup tepat Menuliskan struktur teks cerpen dengan tepat Menuliskan struktur teks cerpen dengan sangat tepat | 1 2 3 4 |
Menuliskan fitur /ciri-ciri bahasa teks cerpen dengan kurang tepat Menuliskan fitur/ciri-ciri bahasa teks cerpen dengan cukup tepat Menuliskan fitur/ciri-ciri bahasa teks cerpen dengan tepat Menuliskan fitur/ciri-ciri bahasa teks cerpen dengan sangat tepat | 1 2 3 4 |
Pedoman penilaian
Skor =jumlah perolehan seluruh aspek
Nilai =skor yang diperoleh x100
Skor maksimal
Konversi nilai =(nilai/100)x 8
Katagori milai dapat dilihat dari konversi nilai pengetahuan
3. penilaian keterampilan
a. tehnik :tes ujian kerja
b. bentuk ;tes uji petik kerja dan rubric
c. instrument
1. Carilah kata –kata sulit yang terdapat dalam teks cerpen dan carilah artinya dalam kamus
2. Temukan isi teks beserta maksudnya berdasarkan struktur teks
Lembar kerja
Nama : ……. kelas : …… Sekolah :….
Jenis teks | Aspek | skor | nilai | Konv | |||
Cerpen | kata sulit | arti kata sulit | makna isi teks | maksud teks | | | |
Rubrik
No | Kriteria penilaian | skor |
1. | Menemukan kata-kata sulit a . benar dan tepat b. benar tetapi kurang tepat c. kurang benar dan tepat d. kurang benar dan kurang tepat | 4 3 2 1 |
2. | Mengartikan kata-kata sulit a . benar dan tepat b. benar tetapi kurang tepat c kurang benar dan tepat d. kurang benar dan kurang tepat | 4 3 2 1 |
3. | Menemukan makna isi teks a . benar dan tepat b. benar tetapi kurang tepat c. kurang benar dan tepat d. kurang benar dan kurang tepat | 4 3 2 1 |
4. | Menemukan maksud teks a . benar dan tepat b. benar tetapi kurang tepat c. kurang benar dan tepat d. kurang benar dan kurang tepat | 4 3 2 1 |
G. Media,Alat dan Sumber
1. Media pembelajaran
Power poin tentang struktur teks cerpen ciri - ciri bahasa
2. Alat dan Bahan
Teks cerita pendek,KBBI(Kamus Besar Bahasa Indonesia)
3. Sumber
- Kementerian pendidikan dan kebudayaan .2013 Bahasa Indonesia: Wahana pengetahuan kelas V11.Jakarta: kementerian pendidikan dan Kebudayaan
- Kementerian pendidikan dan kebudayaan .2013b.Bahasa Indonesia : Wahasa pengetahuan :Buku Guru.Jakarta:Kementerian pendidikan dan Kebudayaan
- Pusat pembinaan dan pengembangan bahasa .2003.kamus besar bahasa Indonesia.Jakarta :Balai pustaka
Mengetahui Guru pamong | , ……………....2015 Guru PPL Bahasa Indonesia |
Kepala Sekolah
NIP:
0 Response to "RPP KELAS 7 BAHASA INDONESIA TEMA CERITA PENDEK"
Post a Comment