Inilah Daftar Barang - barang yang Ada Kadaluarsanya, Tidak Disangka No 6 Termasuk Juga !

Kebanyakan dari kita lebih mengerti tanda-tanda bahan makanan yang tak lagi segar atau sudah lewat masa kedaluwarsanya, seperti misalnya susu basi, daging yang berjamur, atau ikan beraroma busuk. Namun, sudah tahukah kamu kalau banyak barang di rumah kita yang ternyata mempunyai masa kadaluarsa juga? Bahkan beberapa diantaranya, ada yang harus lebih cepat dibuang ketimbang makanan basi.



Berikut ini adalah batas pemakaian maksimal dari 14 barang yang biasa kita pakai, lengkap dengan efek samping yang harus ditanggung jika kamu nekat untuk terus menggunakannya.

1. Sisir
Sebuah sisir memiliki masa pakai antara 6 bulan hingga 1 tahun. Jika tidak, maka rambutmu berisiko mati, berminyak, serta iritasi atau gatal pada kulit kepala. Selama masa pemakaian itu juga, kamu harus rutin membersihkannya minimal sekali dalam sepekan.

Dan meskipun belum sampai setahun, kamu harus tetap menggantinya dengan yang baru jika 10 persen gerigi sisirmu sudah hilang.

2. Dot bayi
Masa optimal pemakaian dot bayi adalah 2-5 pekan saja. Produk ini harus sering-sering diganti, tak peduli apakah sering dipakai atau tidak. Hal ini disebabkan karena dot bayi terbuat bahan lateks yang mudah sekali rusak. Sekali saja terjadi retakan, maka bisa menjadi sarang pembiakan kuman.

3. Spons pencuci dan spons mandi
Tahukah kamu, ternyata spons pencuci peralatan dapur hanya memiliki masa pakai sekitar dua minggu saja. Setelah melewati masa itu, spons harus segera diganti untuk menghindari kuman terus berkembang di dapur. Alternatifnya, kamu bisa mendisinfeksi spons dengan air mendidih. Sementara itu, spons mandi juga harus diganti secara berkala setiap 3-4 minggu.

4. Sandal
Sandal mempunyai masa pakai selama 6 bulan. Jadi, jika tidak ingin kakimu ditumbuhi jamur hingga menyebabkan infeksi, berinventasilah dengan membeli alas kaki baru. Dan ya.. jangan pernah lupa untuk mencucinya setiap hari.

5. Bantal
Dua sampai tiga tahun adalah masa pakai maksimal dari bantal. Setelah itu, tungau debu (arakhnida sangat kecil yang memakan sel kulit) akan memenuhi bantalmu. Di sisi lain, bantal yang sudah lebih dari 3 tahun biasanya tak lagi karuan bentuknya, sehingga berpotensi membuat leher sakit.

6. Bra
Bra mempunyai masa pakai selama 1-2 tahun. Setelah itu, penyangga payudara ini akan kehilangan bentuk, elastisitas, dan tak nyaman lagi digunakan. Perubahan bentuk badan juga bisa mengakibatkan bra menjadi terlalu besar atau terlalu kecil bagimu. Itulah saat yang tepat untuk menggantinya dengan yang baru.

7. Alat kebugaran treadmill
Setelah mencapai jarak putar 400 – 500 km, treadmill akan mulai kehilangan bantalan. Itu artinya, makin kuat tekanan pada sendi ketika sedang berolahraga. Bukannya sehat, kamu malah berisiko melukai diri sendiri. Jika dipakai secara rutin, treadmill rata-rata membutuhkan waktu satu tahun untuk mencapai jarak putar 400 – 500 km.

8. Sikat gigi

Sikat gigi harus diganti setiap 3 bulan sekali. Setelah itu, alat pembersih gigi ini tak lagi bisa bekerja dengan efektif. Juga, sebaiknya buang sikat gigi setelah kamu mengalami flu atau demam. Karena kalau tidak, kamu berpotensi menderita sakit yang sama sekali lagi.

9. Disinfektan
Tidak membutuh waktu lama bagi produk pembersih kuman untuk bisa bekerja secara optimal, 3 bulan saja. Setelah itu, disinfektan nyaris tidak ada gunanya.

10. Bumbu dapur
Rempah-rempah akan kehilangan rasa dan bau dari waktu ke waktu, yang secara tidak langsung membuatnya tak lagi berguna. Rata-rata semua bumbu dapur hanya bisa bertahan selama 6 bulan.

11. Power strips
Power strips mempunyai kapasitas tertentu. Jika sudah melebihi masa pakai selama 1-2 tahun, kualitas extension lead bisa memburuk sehingga menimbulkan resiko yang cukup serius. Karena itu, hindari masalah terkait listrik dengan mengganti power strips secara berkala.

12. Parfum
Jika kamu menyimpan cairan wangi ini dalam kondisi botol terbuka, masa pakainya hanya sekitar 2 tahun saja. Namun jika kamu menyimpannya dalam kondisi tertutup, masa pakainya bisa sampai 3 tahun. Jadi, selalu tutup rapat-rapat parfum kesayanganmu agar kamu masih punya kesempatan menggunakannya setahun lebih lama.

13. Handuk
Handuk basah adalah tempat perkembangbiakan bakteri. Bahkan dengan mencucinya secara teratur pun, kamu tidak bisa menghentikan pembiakkan itu. Jadi, jika sampai batas waktunya (1-3 tahun), pastikan kamu membuang dan menggantinya dengan yang baru.

14. Alat obat nyamuk semprot
Jika kamu menggunakan alat obat nyamuk semprot yang sama selama bertahun-tahun, jelas itu adalah hal yang sia-sia karena produk ini hanya efektif selama 2 tahun saja. Setelah waktu itu terlampaui, kam hampir pasti akan tetap menjadi korban gigitan nyamuk atau serangan serangga lainnya.

0 Response to "Inilah Daftar Barang - barang yang Ada Kadaluarsanya, Tidak Disangka No 6 Termasuk Juga !"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel