Manisnya Rasa Buah Ceplukan Yang Tumbuh Liyar



Hai teman petani, apabila Anda tinggal di Desa dan pada wilayah pertanian, pasti Anda telah mengetahui butir ceplukan. Buah ceplukan ini merupakan buah yg tumbuh liar pada semak-semak, atau bercampur rumput-rumput liar lainnya. Entah apa nama latinnya, yang kentara dalam bahasa jawa ceplukan namanya.

Dulu saat kecil, buah ini merupakan favorit saya & sahabat-sahabat. Saat bermain, memancing, berburu burung dan mandi-mandi pada sungai, maka butir ceplukan pun mampu dijadikan kuliner cara lain  saat kami jauh menurut rumah.

Jika Anda belum pernah mencobanya, saya yakin Anda akan pribadi menyukainya waktu pertama mencicipinya. Sebab buah ceplukan memiliki rasa yang anggun & tidak sama menggunakan buah-butir lainnya.

Pohon butir ceplukan jua berbeda menggunakan pohon-pohon lainnya. Tidak seperti rumput, tidak jua seperti kayu. Warnanya putih kehijauan, mudah patah, tinggi hanya kurang lbih 1 meter, yang jelas hampir nir terdapat tanaman  yg menyamainya.

Untuk buahnya, ceplukan terbungkus rapi sang kulit pembungkus yang terlihat manis.

Nah, untuk memakannya, kita harus membuka kulit pembungkusnya terlebih dahulu. Dan yg dimakan merupakan, butir berbentuk bulat berwarna kuning (bila matang), yg ukuran sebesar ujung kelingking jari orang dewasa di dalam pembungkus tadi. Lihat gambar di bawah ini.

Setelah dikupas, Anda mampu langsung memakannya. Anda nir perlu khawatir terhadap bijinya. Sebab buah unik ini mempunyai biji yg sangat kecil-mini   yg tentunya kondusif buat dikonsumsi. Lihatlah buah ceplukan yang sudah aku  kupas & saya kumpulkan.

Terlihat menggemaskan bukan? Makanya tidak heran, poly yg ingin mencobanya ketika pertama melihatnya. Apa lagi jika telah mencobanya, pasti bawaannya ingin nambah terus.

Bagi Anda yang suka  berpetualang di kebun-kebun atau pada hutan, maka bila menemukan buah ceplukan, Anda mampu menjadikannya cemilan buat mengisi kekosongan perut Anda. Buah ceplukan banyak tumbuh pada Indonesia. Dan Anda jangan khawatir. Buah ceplukan tidak beracun kok. Sebab banyak yg sudah memakannya, termasuk aku  sendiri.

Waduh, sangat disayangkan sekali, mungkin relatif sekian tulisan mengenai buah ceplukan, butir liar yang manis cita rasanya, Praktis-mudahan berguna bagi Anda. Terima kasih..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manisnya Rasa Buah Ceplukan Yang Tumbuh Liyar "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel