Cara Memilih Benih Tanaman




Jika Anda ingin bercocok tanam, pastilah membutuhkan benih buat ditanam. Benih tersebut mampu Anda dapatkan dari hasil pembuatan sendiri, atau membelinya di toko pertanian. Jika Anda membuatnya sendiri, niscaya sudah tau kualitas tumbuhan yang dihasilkan menurut benih tersebut. Tapi apabila Anda ingin membeli benih untuk pertama kalinya, sanggup jadi Anda sempat mengalami kebingungan saat memilihnya.

Dari kebingungan itulah, yang membuat Anda memerlukan sebuah tips buat menentukan benih yg baik. Apalagi banyaknya benih yg dijual pada pasaran, dan banyaknya penjual yg ada, relatif menciptakan pusing kepala Anda. Salah pilih, gagal panen resikonya. Jadi, mari lanjut membaca tips sebelum membeli benih di bawah ini.

Tips membeli benih

1. Bertanyalah pada orang lain mengenai jenis yang mengagumkan

Dalam hal memilih benih, langkah awal adalah bertanyalah dulu pada orang yg lebih berpengalaman, tentang jenis benih apa yg indah, buat ditanam pada daerah Anda. Biasanya di satu wilayah dengan daerah lainnya, mempunyai keadaan tanah & iklim yang berbeda. Misalnya, Anda akan menanam terong. Jadi Anda wajib  mengetahui dulu, mana terong yg hayati subur di wilayah Anda. Apakah menurut jenis Milano F1, Mustang F1, & lain-lain.

Untuk itulah pentingnya bertanya, supaya Anda mengetahui benih yg cocok di huma Anda. Selain itu, dengan bertanya ini dibutuhkan Anda pula menerima jawaban tentang jenis benih apa yang hasilnya paling rupawan, dan pastinya bisa menguntungkan bagi Anda. Baik menguntungkan dalam hal perawatan, atau pun output penjualan yg mengagumkan.

Dua. Bertanya pada orang mengenai merek/brand yang bagus

apabila sebelumnya Anda harus bertanya tentang jenisnya, sekarang saatnya Anda buat bertanya kepada orang lain, tentang merek/brand benih yang mengagumkan menurut mereka. Masalahnya, ternyata merek pula berpengaruh terhadap kualitas tumbuhan yang dihasilkan. Entah pengaruhnya di mana, yang jelas faktanya memang ada sedikit disparitas.

Saya mengambil contoh pada benih jagung manis. Meski pun sama-sama dari jenis Hibrida F1, namun beda pembuat, beda jua hasilnya. Merek A buahnya akbar, rasanya manis, akan tetapi kulitnya tebal dan terlihat tidak segar. Jika direbus, tidak terlihat bagus. Sehingga menciptakan orang enggan buat membelinya. Sedangkan merek B, buahnya besar , cita rasanya anggun, kulitnya relatif tipis. Apabila direbus, hasilnya mengagumkan dan lebih laku  jika dijual, karena disukai pembeli.

Dengan demikian, dari hasil analisa ini dapat dikatakan bahwa merek satu nir sama dengan merek lainnya. Oleh karenanya, bertanya kepada orang lain mengenai merek yang cantik, sebagai hal harus yang wajib  Anda lakukan sebelum membelinya.

Tiga. Bertanya pada orang lain mengenai loka penjualan benih yang murah

Jika Anda sudah mengetahui jenis benih & merek apa yang mengagumkan, sekarang Anda harus bertanya kepada orang lain, pada mana tempat penjualan benih, yg menjual dengan harga yang lebih murah.

Masalah harga, pula tidak kalah pentingnya menggunakan yang lainnya. Sebab, jika Anda membeli benih dalam jumlah yang poly, niscaya sisa uang berdasarkan selisih harga tadi, akan bisa untuk membeli benih yg lainnya. Menguntungkan bukan?

4. Lihat bungkus baik-baik

Saat Anda telah di toko pertanian, mintalah pada penjaga toko buat mengambilkan benih yang Anda cari. Kemudian perhatikanlah baik-baik bungkus benih tadi. Yang perlu Anda teliti pada sini adalah jenis, merek, dan tanggal kadaluarsanya.

Jangan hingga Anda sudah membelinya, ternyata benih tersebut sudah kadaluarsa. Untuk merek & jenisnya, umumnya terdapat di depan kemasan. Tapi buat tanggal kadaluarsanya, biasanya pada belakang kemasan. Lihat baik-baik.

Kesimpulan akhir, sebelum membeli benih di toko pertanian, alangkah baiknya Anda bertanya pada orang yang lebih berpengalaman terlebih dahulu. Yaitu tentang merek & jenis yg bagus, serta tempat penjualan yg memberi harga lebih murah. Setelah itu perhatikan bungkus untuk melihat merek dan jenis yg sinkron cita-cita Anda, serta melihat lepas kadaluarsa pada benih tadi.

Semua itu buat kebaikan Anda, agar mendapatkan laba yang memuaskan dari output pertanian Anda. Cukup sekian tulisan dari aku , salam sukses buat Anda..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memilih Benih Tanaman"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel