Mengenal Pisang Monyet



Pada goresan pena kali ini, aku  akan memperkenalkan pada Anda sebuah pisang yang tumbuhnya di hutan. Mungkin ada diantara Anda yg pernah mendengarnya ataupun melihatnya secara eksklusif.

Tapi nir masalah Anda telah tau mengenai pisang ini atau belum, yang jelas aku  akan menceritakan sedikit tentang butir yang disukai simpanse ini.

Jadi pisang yang saya maksud adalah pisang monyet alias pisang hutan. Entah mengapa, butir ini diberi nama seperti itu oleh warga  di kampungku. Tapi apabila ditinjau berdasarkan logika, tidak heran apabila dijuluki pisang simpanse, lantaran pisang ini adalah kuliner monyet di hutan. Sedangkan mengapa dijuluki pisang hutan, ya karena tumbuhnya pada hutan.

Saya pertama kali melihatnya saat masih kecil dulu, ketika diajak ke kebun sang bapak. Namanya anak-anak, pasti heran melihat pisang yang hidup pada hutan ini. Namun selama itu saya tidak pernah tau bila jenis pisang ini ternyata sanggup berbuah.

Sampai suatu hari, aku  mendapati sendiri bahwa pisang ini pula bisa berbuah. Lagi-lagi saya heran, & langsung menebang pohonnya buat mengambil buahnya yg sudah matang. Saya semakin heran lagi ketika melihat dagingnya yg dipenuhi biji. Ya.. Benar sekali bahwa hampir nir terdapat yg bisa dimakan, lantaran Anda hanya akan melihat biji-biji yg memenuhi daging pisang kera ini.

Tapi buat rasa, saya pernah mencobanya dan cita rasanya sangat cantik. Tidak kalah dengan pisang raja & pisang ambon. Cuman ya itu tadi, cara mengkonsumsinya hanya pada hisap-hisap karena nir bisa ditelan dampak banyaknya bijinya.

Pisang ini poly dijumpai di pegunungan Sulawesi Tengah. Untuk di wilayah lain, saya nir tau, sebab saya tidak pernah berkunjung ke Propinsi lain buat mencaritahunya.

Lihatlah gambar di bawah ini, yang merupakan gambar pisang hutan pada kebun bapak yang sempat saya foto-foto.

Memang wajar pula dijuluki pisang simpanse, karena lihatlah pada tangkai bunganya, sangat panjang & mirip sekali menggunakan ekor kera.

Untuk nama yang sebenarnya, saya kurang tau sih. Bisa jadi pada satu daerah menggunakan daerah lainnya, pisang ini memiliki nama dan julukan yg berbeda. Jadi, apa nama pisang ini pada daerah Anda? Apakah sama menggunakan di wilayah aku  seperti yang saya tulis ini? Silahkan bagikan melalui komentar. Terima kasih..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Pisang Monyet"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel