RPP Kelas 1 SD Tema 2 (Kegemaranku) Sub Tema 1 PB 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Jenjang Pendidikan : Sekolah Dasar (SD)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran :
Tema : Kegemaranku
Kelas / Semester : 1
PB : 2
Alokasi Waktu :
Hari / Tanggal :
A. Kompentensi Inti
1. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, mendengarkan, melihat, membaca, dan menanya berdasarkan, rasa ingin tahu dan kenyataannya dan benda-benda yang di jumpainya di rumah dan benda-benda di sekolah.
2. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis karya yang etetis dalam gerakan yang mecerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan akhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.2 Memahami prosedur gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.2 Mempraktikkan prosedur gerak dasar non- lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
Indikator
3.2.2 Menjelaskan prosedur gerakan menekuk tanpa berpindah tempat sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.2.2 Mempraktikkan prosedur gerakan menekuk tanpa berpindah tempat sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.5 Mengenal kosakata tentang cara memelihara kesehatan melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, dan slogan sederhana)
4.5 Menjelaskan dengan kosakata bahasa Indonesia dan pelafalan yang tepat cara memelihara kesehatan.
Indikator
3.5.5 Menjelaskan makna kata tentang berbagai jenis olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan dengan tepat
4.5.5 Menggunakan kosakata yang berhubungan tentang olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan sesuai dengan makna kata dengan tepat
C. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan menyimak cerita yang dibacakan oleh guru, siswa dapat mengidentifikasi kosakata tentang cara memelihara kesehatan melalui teks pendek dengan tepat.
2. Dengan membaca nyaring, siswa dapat menambah kosakata tentang cara memelihara kesehatan dengan tepat dan percaya diri.
3. Dengan memasangkan kata dengan gambar kegiatan yang sesuai, siswa dapat menjelaskan makna kata tentang berbagai jenis olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan dengan tepat.
4. Dengan bercerita tentang olahraga dan permainan kegemarannya, siswa dapat menggunakan kosakata tentang cara memelihara kesehatan dengan tepat.
5. Dengan mengamati gambar, siswa dapat memahami prosedur gerakan menekuk tanpa berpindah tempat dengan tepat dan percaya diri.
6. Dengan mengamati gambar dan menyimak petunjuk dari guru, siswa dapat mempraktikkan gerakan pemanasan dengan tepat dan percaya diri.
D. Materi Pokok
Bahasa Indonesia : - Memahami prosedur Gerak
- Mengenal kosakata
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No. | Uraian Kegiatan |
1. | Kegiatan Pembuka - Guru menyapa siswa dan mengondisikan kelas agar siap untuk belajar. - Seorang siswa diminta untuk memimpin doa. - Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan. - Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar.Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar. |
2. | Kegiatan Inti - Siswa menyimak cerita tentang olahraga yang dibacakan oleh guru. - Siswa menyerap informasi yang ada pada teks. - Guru memeriksa pemahaman siswa terhadap teks dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan: • Apa yang dilakukan sebelum berolahraga? • Apakah manfaat pemanasan? - Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya hal-hal yang ingin diketahui berdasarkan teks yang dibacakan dan gambar yang diamati. - Siswa membaca nyaring kosakata yang berkaitan dengan olahraga dan permainan, beberapa siswa mengulangi membaca kosakata tersebut dengan nyaring. - Guru memeriksa pemahaman siswa terhadap kata-kata yang telah dibaca. - Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang kata- kata yang belum dipahami. - Siswa membaca kata-kata yang ada dalam kotak. - Siswa mengamati gambar kegiatan yang terdapat di samping kanan kata-kata tersebut. - Siswa memasangkan kata-kata tersebut dengan gambar yang sesuai. - Siswa menceritakan permainan atau olahraga yang disukai. Guru dapat memandu siswa bercerita dengan menstimulasi informasi yang berkaitan dengan • nama permainan/olahraga kesukaan • cara memainkannya • waktu memainkan permainan/olahraga tersebut • tingkat keseringan memainkan permainan tersebut • manfaat memainkan permainan/olahraga tersebut bagi kesehatan - Siswa menyimak teks yang dibacakan oleh guru. - Siswa menyerap informasi yang ada pada teks. - Siswa mengamati gambar. - Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya hal-hal yang ingin diketahui berdasarkan teks yang dibacakan dan gambar yang diamati. |
3. | Kegiatan Penutup - Di depan barisan, guru memberi contoh gerakan dan memberikan instruksi dengan bunyi peluit setiap ganti gerakan. - Setiap set gerakan dapat diulangi 4 kali. |
F. Penilaian Pengamatan
- Penilaian Sikap
No | Nama Siswa | ||
1 | |||
2 | |||
3 |
- Penilaian Pengetahuan
- Latihan soal memasangkan kata-kata yang terdapat di dalam gambar dengan gambar yang sesuai.
- Latihan memahami prosedur gerakan pemanasan yang diamati dari gambar.
- Penilaian Keterampilan
Kriteria | Baik Sekali (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
1. Menceritakan tentang permainan/ olahraga kegemaran | Cerita meliputi Bagaimana cara memainkannya, kapan biasanya memainkannya, seberapa sering memainkannya, sertamanfaat memainkan permainan/ olahraga tersebut bagi kesehatan. | Hanya memenuhi 3 kriteria | Hanya memenuhi 2 kriteria | Belummampu |
2. Mempraktikkan prosedur gerakan menekuk tanpa berpindah Tempat sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai gerakan pemanasan. | Melakukan gerakan dengan tepat tanpa intervensi guru | Melakukan gerakan dengan tepat namundengan intervensi minimal | Gerakan kurang tepatdan perlu intervensi yang cukup | Belum mampu melakukan gerakan dengan tepat |
Mengetahui | Menyetujui Kepala Sekolah |
0 Response to "RPP Kelas 1 SD Tema 2 (Kegemaranku) Sub Tema 1 PB 2"
Post a Comment