Pengertian Penyuluh



Pengertian

Penyuluhan asal berdasarkan kata dasar ?SULUH? Yg berati memberi jelas, menerima imbuhan pe-an yg menyatakan suatu proses atau kegiatan buat menaruh penerangan kepada masyarakat tentang banyak sekali inovasi baru sampai konflik yang sedang dan akan dihadapi petani pada usaha buat meningkatkan produktivitas usahataninya. Indikator keberhasilan penyuluhan pertanian sering dikaitkan menggunakan tujuan yg diinginkan. Beberapa tujuan tadi antara lain :

1. Produktivitas pertanian

2. Memandirikan petani

tiga. Pemberdayaan warga 

4. Mutu hidup dan kesejahteraan famili petani

5. Pengetahuan petani

6. Sikap petani terhadap hal baru (penemuan)

7. Keterampilan petani

8. Perubahan sosial pada suatu warga 

Penyuluh dalam hal ini berfungsi sebagai penghubung antara birokrasi (pemerintah) serta swasta dengan petani atau warga  tani. Oleh karena itu petugas penyuluhan haruslah dapat menjadi rekan kerja petani yang selalu mengedepankan kepentingan petani. Kalau kita lihat lebih jauh acara-program penyuluhan pertanian pada masa orde baru poly terinspirasi menurut pemikiran kaum intelektual yg duduk pada pemerintahan. Pemikiran-pemikiran tadi banyak yang bersifat menjadi penemuan baik itu menggantikan rapikan cara yang biasa dipakai oleh petani juga ?Menyempurnakan? Tata cara yang biasa digunakan sang petani. Dalam kondisi misalnya itu penyuluh terasa samar-samar jikalau dikatakan sebagai rekan kerja petani. Petugas penyuluhan lebih berperan sebagai pengkomunikasi acara pemerintah & ?Memaksa? Petani buat bisa melaksanakan program tadi menggunakan baik.

Berbeda dengan syarat sekarang, penyuluh dapat sahih-sahih menjadi rekan kerja petani diamana pembangunan yang sekarang bersifat bottom-up (berdasarkan bawah ke atas), seluruh konflik-permasalahan yang dirasakan sang petanilah yang sebagai acara kerja bagai petugas penyuluh untuk membantu menyelesaikannya. Adanya komunikasi antara petugas penyuluhan & petani mengenai aneka macam kasus tadi lalu disampaiakan pada dinas yang terkait ataupun swasta dan LSM buat dicari jalan keluan pemecahan perkara tersebut. Petugas penyuluh lebih bersifat sebagai perantara. Berbagai penyelesaian & alternatif penyelesaian pertarungan petani disampaikan melalui petugas penyuluh pertanian. Petugas penyuluh pertanian tersebut kemudian menyampaikan pada petani menggunakan bahasa dan penjelasan yang gampang dimengerti oleh petani. Oleh karena itu petugas penyuluh pertanian pula harus benar-sahih mengerti karakteristik petani pada daerah tersebut.

Tujuan akhir dari aktivitas penyuluhan tidak boleh tanggal dari memandirikan petani. Menjadikan petani tidak mengalami ketergantungan, petani dapat mengusahakan sendiri menggunakan memanfaatkan berbagai potensi yang ada & mempunyai inisiatif serta kreatifitas sebagai akibatnya bisa mengembangkan apa yg telah disuluhkan sesuai menggunakan kearifan lokal masyarakat tersebut.

Model penyuluhan pertanian

Kegiatan penyuluhan pertanian dapat dilakukan di mana saja & kapan saja. Model penyuluhan pertanian ini menganut pendidikan orang dewasa, yaitu pendidikan yg dapat dilakukan seumur hayati tidak mengenal batas usia maupun ruang dan waktu. Tata caranya atau metodenya bisa dilakukan menggunakan interpersonal (antara petugas penyuluhan dengan petani), secara grup (menggunakan membuat kelompok tani), dan secara massa(melalui media dan rendezvous yg melibatkan sekolompok besar  petani). Tekniknya bisa menggunakan komunikasi 2 arah antara penyuluh & petani ataupun komunikasi satu arah. Teknik-teknik penyuluhan pertanian diantaranya : siaran radio, famlet, Hp, leafet, banner, spanduk, film, demonstrasi, dan lain-lain. Metode terkait menggunakan cara mendekatkan diri penyuluh dengan yg dsuluh, sedangkan teknik terkait menggunakan cara mendekatkan meteri penyuluhan menggunakan yg disuluh.

Penyuluhan adalah pendidikan nonformal yg disusun menggunakan kurikulum sama dengan pendidikan formal. Pendidikan nonformal pada sini diartikan bahwa penyuluhan merupakan pendidikan pada luar bangku sekolah, bisa dliakukan kapan saja & pada mana saja. Kegiatan penyuluhan bisa dilakukan pada pada ruangan dan di luar ruangan, & kebanyakan dilakukan pada luar ruangan di dekat lahan pertanian petani. Penyuluhan pula adalah suatu aktivitas belajar yg dilakukan dengan praktek langsung di lapang, berbagai acara ataupun penyelesaian masalah pada praktekkan langsung pada lapangan atau loka usahatani. Dengan di praktekkan secara pribadi maka petani akan lebih mengerti dan mengikuti pada bandingkan hanya pada bentuk teori yang kebanyakan petani tidak menyukainya. Karangteristik petani adalah seluruh cara ingin yang gampang dan kentara, jika sewaktu praktek dirasakan ?Njlimet? & sukar dimengerti petani nir akan mengikutinya. Sering petani ?Menyederhanakan? Cara-cara yg disuluhkan, misal pemberian  pupuk urea dalam tiap-tiap tanaman  takarannya 1 sendok makan, bagi petani cara tadi terlalau ?Njlimet? Melakukan pemupukan menggunakan menggunakan sdm. Petani menggunakan tangan, 1genggam untuk 4 flora, cara seperti itu dirasakan lebih mudah bagi petani walaupun dosis pupuknya tidak tepat, jumlah pupuk mampu sebagai bertambah poly atau berkurang menurut baku kebutuhan pupuk bagi tumbuhan.

Memberi penyuluhan memang wajib  dengan penuh kesabaran, pada artian petugas penyuluh pertanian harus sanggup ?Ngemong? Petani. Selain ciri-ciri pada atas ada pula petani memiliki sifat kolot lantaran terdapat banyak petani berumur tua, mereka takut mencoba hal baru atau cara-cara peningkatan produktivitas flora yang modern karena pemikiran mereka telah pasrah ?Narimo kanthi legowo? Apa pun output pertanian yg mereka dapatkan pada terima menggunakan ikhlas. Petani yg misalnya ini harus ekstra tabah pada menghadapinya, mereka akan mengikuti lingkungan bila di lingkungan tadi sebagian besar  masyarakatnya telah menjalankan secara kontinyu (mengadopsi) apa yang sudah disuluhkan. Oleh karena itu pada kegiatan penyuluhan sasaran kunci buat ditentukan pertama kali merupakan petani yg memiliki usia relatif belia dan mempunyai pengaruh pada daerah tadi sebagai tokoh masyarkat atau pimpinan nonformal.

Perlu diketahui

Perlu diketahui bagi seseorang petugas penyuluh pertanian bahwa petani tidak mau digurui, sebagai akibatnya sewaktu melakukan penyuluhan, petugas penyuluh pertanian haruslah menjalankan kegunaannya menjadi rekan kerja petani bukan sebagai pengajar bagi petani. Petani lebih pandai  dari petugas penyuluh, hal tadi perlu diingat & di tanamkan dalam pemikiran setiap petugas penyuluh pertanian. Petani ibarat sudah makan hasil bumi dan tinggal sejak masih dalam kandungan, apa yg mereka memahami secara detail belum tentu diketahui oleh petugas penyuluhan sekalipun pendidikan formal petugas penyuluh lebih tinggi dibandingkan petani.

Author : pemuda tani

0 Response to "Pengertian Penyuluh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel