RPP Kelas 1 SD Tema 2 (Kegemaranku) Sub Tema 1 PB 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Jenjang Pendidikan : Sekolah Dasar (SD)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran :
Tema :
Kelas / Semester :
Alokasi Waktu :
Hari / Tanggal :
A. Kompentensi Inti
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang di anutnya.
2. Memiliki prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, mendengarkan, melihat, membaca, dan menanya berdasarkan, rasa ingin tahu dan kenyataannya dan benda-benda yang di jumpainya di rumah dan benda-benda di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis karya yang etetis dalam gerakan yang mecerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan akhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.5 Mengenal kosakata tentang memelihara kesehatan melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, dan selogan sederhana
4.5 Menjelaskan dengan kosakata bahasa Indonesia dan pelafalan yang tepat cara memelihara kesehatan.
Indikator
3.5.4 Menyebutkan kosakata tentang berbagai jenis olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan dengan tepat
4.5.4 Menggunakan kosakata tentang olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan dengan tepat
SBdP
Kompetensi Dasar
3.2 Memahami elemen musik melalui lagu
4.2 Menirukan elemen musik melalui lagu
Indikator
3.2.2 Membedakan bunyi alam dan bunyi buatan
3.2.2 Memeragakan bunyi alam dan bunyi buatan
PPKn
Kompetensi Dasar
3.2 Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2 Melakukan kegiatan yang sesuai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
Indikator
3.2.1 Menggali informasi tentang hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat bermain atau berolahraga
4.2.1 Melaporkan informasi tentang hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat bermain atau berolahraga
C. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mengamati gambar permainan dan olahraga, siswa dapat memahami kosakata tentang cara memelihara kesehatan dengan tepat.
2. Dengan menirukan kata-kata yang dibacakan oleh guru, siswa dapat mengidentifikasi aturan yang berlaku saat bermain atau berolahraga dengan tepat dan percaya diri.
3. Melalui kegiatan membaca dan mengajak teman memeragakan, siswa dapat menggunakan kosakata tentang olahraga sebagai cara memelihara kesehatan dengan tepat
4. Dengan menyimak teks yang disampaikan oleh guru, siswa dapat mengidentifikasi aturan yang berlaku saat bermain atau berolahraga dengan tepat.
5. Dengan mengamati dan mengidentifikasi gambar, siswa dapat melaporkan informasi tentang hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat bermain atau berolahraga dengan tepat.
6. Dengan menyimak teks yang disampaikan oleh guru, siswa dapat mengidentifikasi bunyi alam dan bunyi buatan dengan tepat.
7. Dengan mengamati gambar dan menyanyikan lagu tentang tepuk tangan, siswa dapat memeragakan bunyi alam dan bunyi buatan dengan tepat dan percaya diri.
D. Materi Pokok
Bahasa Indonesia : Memilih Kosakata
SBdP : Elemen musik melalui lagu
PPKn : Aturan-aturan di rumah dan di sekolah
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No. | Uraian Kegiatan |
1. | Kegiatan Pembuka - Guru menyapa siswa dan mengkondisikan kelas agar siap untuk belajar - Seorang siswa memimpin doa - Guru melakukan apresiasi dengan melakukan tepuk olah raga 1. Tepuk Olah raga (tepuk tangan 3x) 2. Badan Gerak (tepuk tangan 3x) 3. Badan Sehat (Tepuk tangan 3x) Kemudian mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya dangan mengaitkan pelajaran yang akan disampaikan. - Membuat kaitan melalui tanya jawab tentang yang akan diajarkan Memberi acuan dengan menyampaika kompetensi yang ingin dicapai - Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar. |
2. | Kegiatan Inti - Siswa menyimak teks yang dibacakan oleh guru - Guru mengawali pembelajaran dengan menunjukkan gambar beberapa jenis permainan dan olah raga yang menyehatkan. - Guru menggugah rasa ingin tahu siswa dan memotivasi untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan gambar yang diamati. - Guru memancing partisipasi aktif siswa dengan pertanyaan. 1. Apakah kamu suka bermain? 2. Permainan apa yang kamu sukai? 3. Tahukan kamu permainan lain yang menyehatkan? - Kemudian guru dapat menstimulasi diskusi kelas tentang permainan dan olahraga yang menyenangkan hati juga bermanfaat bagi kesehatan yang biasa dimainkan siswa sehari-hari. - Siswa menirukan kata-kata yang dibacakan guru tentang jenis-jenis olahraga dan permainan. - Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang makana kata-kata yang telah dibaca. - Setelah membaca nyaring dan mengulang kosakata tentang permainan dan olahraga, siswa mengamati gambar-gambar pada buku siswa. - Siswa mengidentifikasi gambar kegiatan yang menyehatkan dan tidak menyehatkan dengan cara memberi tanda centang pada gambar kegiatan yang menyehatkan, dan memberi tanda silang pada gambar kegiatan yang tidak menyehatkan. - Siswa menyimak cerita yang dibacakan oleh guru. - Guru memancing partisipasi aktif siswa dengan pertanyaan. 1. Siapa yang bermain lompat tali? 2. Apa yang dilakukan Siti selesai bermain? 3. Apakah kamu suka bermain di luar rumah? 4. Apa yang kamu lakukan setelah bermain? - Siswa mengamati gambar dengan seksama. - Siswa mengidentifikasi sikap yang terdapat dalam gambar. - Siswa membuat gambar pada gambar anak yang memtuhi aturan - Siswa membuat gambar pada gambar anak yang tidak mematuhi aturan. - Siswa melaporkan gambar apa saja yang mereka temukan. - Guru menstimulasi siswa untuk menyampaikan pendapatnya mengenai gambar-gambar yang telah diindentifikasi, berkaitan dengan sikap anak-anak di dalam gambar. - Siswa menyimaki cerita yang dibacakan oleh guru. - Guru memancing partisipasi aktif siswa dengan pertanyaan. 1. Tahukah kamu bunyi peluit? - Siswa diminta menirukan bunyi peluit. - Siswa mengamati gambar dan menirukan bunyi benda yang terdapat pada gambar. - Siswa mengidentifikasi gambar dengan mencantumkan tanda centang untuk bunyi-bunyian buatan. - Guru menstimulasi siswa untuk mendiskusi tentang sumber-sumber bunyi yang telah diindentifikasi dan ditirukan. Bunyi angin, petir, sungai, hujan, binatang, dan bunyi lain yang dapat ditemukan di alam, tercipta bukan karena manusia yang sengaja membuatnya merupakan bunyi-bunyian alam. Sedangkan bunyi gitar, bel sepeda, dan bedug adalah suara yang dibuat oleh manusia, disebut pula bunyi buatan. |
3. | Kegiatan Penutup - Siswa menyanyikan lagu “Tari Tepuk Tangan” ciotaan Pak Kasur bersama-sama - Siswa bernyai sambil bertepuk tangan dan bergerak sesuai lirik lagu - Guru mengamati kegiatan bernyanyi, sambil melakukan penilaian sikap. - Sebagai penutup, guru merevies semua kegiatan yang sudah dilakukan seharian dan meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari itu - Kelas ditutup dengan doa bersama. |
F. Penilaian Pengamatan
- Penilaian Sikap
No | Nama Siswa | ||
1 | |||
2 | |||
3 |
- Penilaian Pengetahuan
- Latihan soal mengidentifikasi teks gambar kegiatan yang menyehatkan dan tidak menyehatkan
- Latihan soal mengidentifikasi teks gambar tentang hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan di rumah
- Latihan soal mengidentifikasi bunyi-bunyian alam dan bunyi-bunyian buatan.
- Penilaian Keterampilan
Kriteria | Baik Sekali (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
1.Melaporkan informasi tentang ha-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan di rumah | Sesuai dengan topik, struktur kalimatnya benar, kata-kata yang di gunakan santun, dan tepat sasaran | Hanya memenuhi 3 kriteria | Hanya memenuhi 2 kriteria | Hanya memenuhi 1 kriteria |
2. Memeragakan bunyi alam dan bunyi buatan | Bunyi sesuai dengan jenisnya (alam dan buatan), diperagakan dengan percaya diri, suara yang lantang, dan ekspresi yang tepat. | Hanya memenuhi 3 kriteria | Hanya memenuhi 2 kriteria | Hanya memenuhi 1 kriteria |
Mengetahui | Menyetujui Kepala Sekolah |
0 Response to "RPP Kelas 1 SD Tema 2 (Kegemaranku) Sub Tema 1 PB 1"
Post a Comment